Selasa, 18 Desember 2012

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Yang dimaksud lebah di sini bukan hanya lebah madu . Ada beberapa lebah yang lain seperti tawon, lalat kerbau, lebah kuning, dan semut api. Jika anda disengat salah satu jenis makhluk tersebut, maka kita kadang sulit mencarikan penawar atau obatnya.

Jika anda menemukan tanda bulat hitam pada bekas gigitan,itu berarti penyengatnya masih ada di dalam kulit(terutama terjadi pada bekas sengatan lebah madu).Jika penyengatnya masih ada di dalam kulit, Anda jangan mencabutnya, JIka anda cabut, racun akan semakin banyak keluar. Anda harus menggosok dengan benda yang berpinggiran tumpul seperti kartu kredit atau kartu lain.

Setelah penyengatnya terlepas, anda harus membasuh kulit bekas sengatan dengan sabun dan air hangat.
Kemudian ambillah pelunak daging dan tambahkan air untuk membuat pasta. Airnya tidak boleh terlalu banyak ,karena anda akan membuat pasta, bukan cairan.

Oleskan pasta pada bekas gigitan dengan kapas.Kemudian tutupi dengan plester.
Jika tidak ada pelunak daging, Anda dapat menemelkan es batu pada bekas gigitan selama sepuluh menit agar tidak bengkak.
Kemudian oleskan soda pengembang kue dan air ke kulit selama duapuluh menit untuk menghilangkan sakit.
Jika bekas sengatan masih terasa sakit , boleh menggunakan asetaminofen (seperti Tylenol) untuk menghilangkan rasa sakit.

Alergi terhadap lebah, tawon atau lebah kuning sangat jarang terjadi, hanya ada kira kira dua dari seratus orang.Tetapi,jika anda mendapati luka merah,bengkak, gatal di kulit,sakit perut, pusing atau tenggorokan kaku, Anda harus ke dokter.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2118787-cara-mengobati-sengatan-lebah/#ixzz2FSKzBje7

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar